Rabu, 31 Oktober 2012

Si Kecil Minta Sholat

Hilma kecil, anak perempuan kami masih kelas TK besar. Justru di usia tersebut ia mudah meniru dan mempraktekkannya. Setiap hari ia melihat orang tuanya, kakak-kakaknya pada sholat. Entah itu sholat di rumah maupun di mushalla. Tanpa diperintah, dengan sendirinya ia membuntuti kakaknya ikut wudhu sebisanya. Lalu ikut ke tempat sholat. Hal demikian berlangsung terus hingga ketika kakaknya ke mushalla, Hilma juga ikut dengan penuh semangat. Suatu hari Hilma aku ajak silaturrahim ke saudara. Ketika saatnya sholat Magrib, kami ke masjid terdekat. Sebenarnya Umiknya sudah mengajak Hilma untuk sholat, tapi tidak mau. Karena usianya masih lima tahun, Umiknya membiarkan saja dulu. Tapi apa yang terjadi, di tengah jalan ketika pulang, Hilma menangis. “Mengapa aku tadi tidak sholat? Aku mau sholat!” Rengek Hilma. Aku kaget juga mendengar rengekannya. Kaget karena usianya masih kecil sudah merasa perlu sholat. “Lho, tadi kan sudah Umik ajak. Mengapa tidak mau?” Tanya Umiknya. “Aku mau sholat pakai rukuhku sendiri!” Jawab Hilma. “O iya. Umik lupa, seharusnya Umik bawa rukuhnya Hilma ya?” Kata Umiknya bermaksud menenangkan. “Iya, lain kali Umik bawa rukuhku ya!” “Iya, nanti kalau kita bepergian akan selalu bawa rukuh kamu.” Akhirnya Hilma tidak rewel lagi. Alhamdulillah. (Ali Shodiqin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Usia SMA/SMK : 4 Strategi Orang Tua Kuatkan Komunikasi dengan Remaja

SAHABAT KELUARGA- “Ide bahwa anak adalah sumber pasif yang mudah dibentuk oleh orangtua mereka adalah hal yang terlalu dibesar-besarkan...